Klasemen Akhir MotoGP 2021 dan 10 Fakta Penting Balapan Musim Ini

STKNEWS, Jakarta – Jadwal MotoGP 2021 sudah tuntas digelar. Balapan di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, pada 14 November menutup 18 seri yang sudah berlangsung sejak 28 Maret.

Berikut sejumlah fakta dari balapan musim ini:

• Fabio Quartararo (Monster Energi Yamaha) menjadi juara dunia. Ia tampil paling konsisten: merebut 5 podium utama dan hanya sekali finis di luar 10 besar dan hanya sekali gagal finis. Ia menjadi pembalap Prancis pertama yang memenangi gelar kelas utama, juga merupakan gelar pertama untuk pembalap non-Spanyol sejak Casey Stoner (Australia) pada 2011.

• Francesco Bagnaia (Ducati) mememanangi balapan pertama dalam kariernya musim ini, di Aragon. Secara total ia empat kali juara, termasuk dalam dua seri terakhir, dan finis sebagai runner-up.

Pembalap Ducati Lenovo Francesco Bagnaia. REUTERS/Marcelo Del Pozo

• Juara dunia musim lalu, Joan Mir (Suzuko Ecstar), finis ketiga. Ia enam kali naik podium, tapi tak pernah juara.

• Pemenang gelar MotoGP enam kali Marc Marquez membuat comeback di balapan ketiga tahun ini setelah pulih dari cedera lengan. Ia sempat tiga kali juara, lalu kembali cedera dan absen dalam dua balapan terakhir.


Marc Marquez. Reterus

• Secara total, delapan pembalap berbeda telah memenangi Grand Prix selama musim ini dan 15 pembalap berbeda berhasil naik ke podium.

• Valentino Rossi menjalani musim terakhirnya setelah 22 tahun berlaga di kelas utama. Ia finis ke-10 di Valencia dan secara tatal menempati posisi ke-18 klasemen dengan nilai 44.

Reaksi Valentino Rossi dari Petronas Yamaha SRT setelah berkompetisi dalam balapan MotoGP terakhirnya di Grand Prix Valencia, Sirkuit Ricardo Tormo, Spanyol, Ahad, 14 November 2021. REUTERS/Pablo Morano

👉 TRENDING  Prediksi Kento Momota Soal Persaingan di Indonesia Badminton Festival 2021

• Ducati berhasil mengamankan gelar juara konstruktor. Mereka meraih 357 poin, mengungguli Yamaha (209) dan Sucuki (240).

• Ducati Lenovo menjadi juara untuk kategori tim dengan mengemas 433 poin. Mereka mengungguli Monster Energy Yamaha (380).

• Jorge Martin (Pramac Ducati) menjadi rookie of The Year. Ia sempat empat kali meraih pole dan sekali juara. Ia finis di posisi kesembilan klasemen.

Pembalap Jorge Martin dari Pramac Ducati merayakan kemenangannya dalam balapan MotoGP Styrian, Red Bull Ring, Spielberg, Austria, Ahad, 8 Agustus 2021. REUTERS/Borut Zivulovic

• Johann Zarco yang jadi pembalap independen terbaik. Pembalap Pramac Ducati itu finis kelima, dengan empat kali naik podium tapi tak pernah juara.

Selanjutnya: Klasemen Akhir MotoGP 2021



Sumber artikel sport.tempo.co

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *