Merasa Lelah dan Tertekan Bisa Jadi Tanda Kecemasan, Ini 4 Cara Mengatasinya

STKNEWS, Jakarta – Jantung berdebar kencang, napas cepat, pikiran negatif, tangan dingin dan gemetar, dan kelelahan, mungkin beberapa dari kita pernah mengalami hal tersebut. Solusinya, sebagian besar waktu, adalah minum secangkir air hangat atau teh. Namun, jika gejala di atas sering terjadi dan tidak terkendali, ada kemungkinan Anda menderita kecemasan.

Seringkali orang melihat kecemasan sebagai sesuatu yang membuat Anda sangat khawatir. Namun, kecemasan bisa terlihat dalam beberapa cara. Sakit kepala, tangan dingin, menggigil, mudah tersinggung, sifat gelisah semua bisa terjadi karena kecemasan. Jadi, lain kali ketika Anda memiliki gejala yang tidak dapat dijelaskan ini, cobalah dan singkirkan kemungkinan tanda kecemasan.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat membantu meringankan gejalanya seperti dilansir dari laman Pinkvilla.

1. Bernapas dalam-dalam

Jika Anda tiba-tiba mengalami serangan kecemasan, dan tidak dapat memikirkan hal lain, ikuti latihan pernapasan dalam. Ini dapat membantu memberi Anda bantuan segera dari gejalanya. Jika Anda sering merasa cemas, lakukan ini, setidaknya sekali setiap hari.

2. Batasi asupan kafein

Beberapa ahli percaya bahwa asupan kafein yang berlebihan dapat memicu kecemasan. Jadi, jika Anda seorang pecinta teh atau kopi, ini mungkin berita buruk bagi Anda. Jika Anda menderita kecemasan, disarankan agar Anda memasukkan jus segar dalam diet Anda, dan menghindari minum terlalu banyak kafein.

3. Tingkatkan aktivitas fisik

Gaya hidup yang tidak banyak bergerak, seringkali menyebabkan kecemasan. Jadi, jika Anda juga menikmati pekerjaan dari rumah, jangan lupa untuk sering-sering beristirahat di sela-selanya dan berjalan kaki selama beberapa menit. Sertakan olahraga dalam rutinitas harian Anda atau lakukan jalan-jalan pagi secara teratur.

4. Latihan mediasi

Meditasi membantu menenangkan pikiran Anda. Setiap hari luangkan 20 menit dari jadwal sibuk Anda untuk berlatih meditasi. Ini akan meningkatkan kesehatan mental Anda dan akan membantu menjauhkan pikiran negatif.

👉 TRENDING  Gaya Rambut Favorit IU Panjang dan Tergerai

Baca juga: Adele Olahraga untuk Atasi Kecemasan selama Perceraian, Bonus Berat Badan Turun



Sumber artikel cantik.tempo.co

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *