5 Aturan Makan Malam untuk Menurunkan Berat badan

STKNEWS, Jakarta – Apakah Anda melewatkan makan malam karena percaya bahwa itu akan membantu Anda menurunkan berat badan lebih cepat? Nah, pikirkan lagi.

Saat menjalankan misi untuk menurunkan berat badan, ada begitu banyak informasi berbeda yang dapat dengan mudah membingungkan Anda. Baik itu makan malam lebih awal, mengonsumsi lebih sedikit kalori setelah matahari terbenam, atau melewatkan makan sama sekali di malam hari. Semua trik kecil ini menunda seluruh proses penurunan berat badan, daripada mempercepatnya.

Melansir laman Times of India, berikut ini 5 aturan makan malam yang harus Anda ikuti ketika mencoba menurunkan berat badan 

1. Jangan melewatkan waktu makan

Tidak melewatkan makan harus menjadi saran utama bagi semua orang yang mencoba menurunkan berat badan. Melewatkan makan malam tidak membantu Anda menurunkan berat badan lebih cepat. Itu membuat Anda merasa lapar di pagi hari, akibatnya, Anda makan lebih banyak. Semua lemak ekstra yang Anda konsumsi disimpan dalam bentuk lemak dan Anda akhirnya menambah berat badan, bukan kehilangannya. Jadi, cobalah untuk tidak melewatkan makan apa pun sepanjang hari. Sebarkan kalori Anda sepanjang hari. Melakukan hal ini juga meningkatkan metabolisme dan membantu Anda menambah berat badan.

2. Makan sesuatu di antara waktu makan

Jangan hanya menunggu makanan Anda, ada sesuatu di antara waktu makan. Jika  tetap berpuasa dari makan siang hingga makan malam, Anda akan merasa lapar saat Anda duduk untuk makan malam. Jadi, coba mengkonsumsi camilan kecil di antara dua waktu makan besar agar tetap kenyang sampai makan malam. Memiliki camilan yang direncanakan juga mencegah Anda dari mengunyah yang tidak sehat.

3. Hindari gangguan

👉 TRENDING  6 Tips Sarapan untuk Menjaga Kekebalan Tubuh Menurut Ahli Gizi

Biasanya saat makan malam saat ada waktu luang kita lebih memilih makan sambil menonton televisi. Tetapi ketika mencoba menurunkan berat badan, ini bisa membuat Anda lebih banyak kalori dari biasanya, dan semua kalori ekstra akan disimpan dalam tubuh sebagai lemak. Latihannya adalah menghabiskan makanan dalam keheningan tanpa gangguan. Ini akan membantu Anda mengonsumsi lebih sedikit kalori dan juga meningkatkan pencernaan.

4. Makan terlalu banyak

Anda perlu berhati-hati dengan jumlah kalori yang Anda konsumsi di malam hari. Bahkan jika Anda mengikuti puasa intermiten dan Anda harus berpuasa sampai larut pagi, Anda perlu makan kalori dalam jumlah sedang. Hitungan harian Anda harus dibagi antara tiga kali makan persegi dan dua kali camilan. Anda hanya boleh mengonsumsi kalori dalam jumlah tetap dan pada saat yang sama, berhati-hatilah dengan kebiasaan mengunyah setelah makan malam.

5. Makan sesuatu yang lebih ringan

Makan lebih banyak di malam hari dapat membuat perut Anda lebih sulit mencerna makanan. Lebih baik makan sesuatu yang lebih ringan di malam hari agar sistem pencernaan Anda dapat bekerja secara efisien. Ini juga dapat memberikan waktu yang cukup bagi tubuh Anda untuk fokus pada fungsi tubuh lainnya dan mengatur metabolisme Anda.

Baca juga: Putri Diana Menimbang Badan dan Sebelum Makan Malam Natal Bersama Ratu Elizabeth



Sumber artikel cantik.tempo.co

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *