iPhone Belum Bisa Pakai Internet 5G di Indonesia, Ini Kata Kominfo

Suara.com – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menjelaskan kenapa iPhone, ponsel buatan Apple, di Indonesia belum bisa memanfaatkan internet 5G. Alasannya, jaringan 5G yang ada di Indonesia saat ini menggunakan pita frekuensi 2,1GHz dan 2,3GHz.

“Apple belum ada karena handset-nya itu bergerak di 2,6GHz, di 2,6GHz itu belum ada layanannya di Indonesia untuk 5G. Yang ada layanan 5G di Indonesia itu baru 2,3GHz dan 2,1GHz,” kata Plate dalam acara Retrospeksi 2021 dan Outlook 2022 Kementerian Kominfo yang disiarkan di YouTube Kominfo, Selasa (28/12/2021).

“Sehingga walaupun Apple buka (software), toh tidak ada layanannya (5G),” tambah Plate.

Ia juga mengaku bahwa ponsel yang masuk ke Indonesia saat ini belum semua mendukung 5G. Alasannya, masih ada beberapa brand yang belum membuka software untuk dukungan 5G.

Baca Juga:
Kominfo Siapkan Internet 5G untuk MotoGP Mandalika 2022

“Baru beberapa yang sudah buka. Kalau tidak salah Oppo sudah buka, Samsung sudah buka,” lanjut Plate.

Plate menjelaskan, pita 2,1GHz dan 2,3GHz yang ada di Indonesia ditujukan untuk internet 4G dan 5G. Ia juga mengklaim kalau internet 5G yang ada di Indonesia masih teknologi versi Asia.

“Sedangkan teknologi Amerika, 2,6GHz dan 3,5GHz untuk saat ini belum,” ujarnya.

Dengan demikian, Plate mengaku kalau Indonesia saat ini amat membutuhkan ketersediaan spektrum frekuensi di semua level, mulai dari 2,1GHz, 2,3GHz, 2,6GHz, 3,3GHz, 3,5GHz, hingga spektrum di atasnya seperti super high atau mmWave.

“Agar 5G kita bisa bergerak dengan baik,” kata dia.

Baca Juga:
Apple Disebut Bakal Pangkas Poni di iPhone 14

Lebih lanjut, Plate menyebut kalau Indonesia sudah menandai tahun 2021 dengan internet 5G yang sudah beroperasi secara komersial di Tanah Air.

👉 TRENDING  NASA Berhasil Luncurkan Teleskop Luar Angkasa James Webb



Sumber artikel www.suara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *