Kemarin, defisit APBN maksimal lima persen hingga tarif antigen turun

Jakarta (ANTARA) – Sejumlah berita ekonomi pada Kamis (30/12/2021), yang menarik dan masih layak disimak, antara lain Menkeu mengatakan defisit APBN hanya akan mencapai lima persen dari produk domestik bruto (PDB) hingga tarif rapid test antigen di stasiun KA menjadi Rp35 ribu mulai 2022.

Berikut beritanya:

Ekonomi pulih, Menkeu: Defisit APBN 2021 berpotensi hanya 5 persen

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan momentum pemulihan ekonomi yang terus terakselerasi, mendorong defisit APBN tahun ini berpotensi hanya akan mencapai sekitar 5 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB).

Angka tersebut jauh lebih rendah dari target APBN 2021 sebesar 5,7 persen dari PDB.

Airlangga perkirakan outlook program PEN 2021 capai Rp658,9 triliun

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memperkirakan outlook anggaran program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) 2021 akan mencapai Rp658,9 triliun atau 88,5 persen dari pagu Rp744,77 triliun.

“Outlook ini salah satunya terjadi karena faktor imbal jasa penjaminan (IJP) dari sektor keuangan sebesar Rp30 triliun yang dikembalikan karena perbankan likuiditasnya bagus, sehingga tidak membutuhkan tambahan alokasi untuk penjaminan,” ucap Airlangga dalam acara Refleksi Capaian 2021 dan Outlook Ekonomi 2022 di Jakarta, Kamis.

Bank Mandiri dan LPEI kerja sama transaction banking dukung ekspor

Bank Mandiri dan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) mendorong pemanfaatan transaksi digital melalui kerja sama layanan transaction banking sebagai salah satu solusi digital di tengah perkembangan teknologi yang dapat mendukung kegiatan transaksi ekspor.

Direktur Hubungan Kelembagaan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Rohan Hafas mengatakan pihaknya berkomitmen untuk mendukung peningkatan ekspor nasional melalui sinergi layanan perbankan kepada LPEI.

KKP tegaskan tidak ada kapal asing menangkap ikan di perairan nasional

👉 TRENDING  Rupiah Jumat pagi menguat 7 poin

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menegaskan bahwa tidak ada kapal ikan asing yang beroperasi secara legal untuk menangkap ikan di kawasan perairan nasional karena semuanya harus berbadan hukum perusahaan Indonesia.

“Jadi tidak ada perusahaan asing yang masuk menangkap ikan. Yang ada adalah badan hukum Indonesia, kalau modal dimiliki mereka ya wajar saja, jadi tidak ada kapal asing masuk di Indonesia,” kata Dirjen Perikanan Tangkap KKP Muhammad Zaini di Jakarta, Kamis.

Tarif rapid test antigen di stasiun jadi Rp35 ribu mulai tahun 2022

PT Kereta Api Indonesia (Persero) menerapkan tarif baru untuk layanan rapid test antigen di stasiun dari sebelumnya Rp45 ribu menjadi Rp35 ribu, yang berlaku mulai 1 Januari 2022 di 83 stasiun.

“Penyesuaian tarif rapid test antigen tersebut merupakan salah satu bentuk peningkatan pelayanan KAI kepada pelanggan pada masa libur Tahun Baru 2022 ini,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangannya yang dipantau di Jakarta, Kamis.

Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Kelik Dewanto

Sumber artikel www.antaranews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *