BRI-Kementerian BUMN dukung pengembangan UMKM tanaman hias

Jakarta (ANTARA) – PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) bersama Kementerian BUMN mendukung pengembangan dan pemberdayaan UMKM klaster usaha binaan tanaman hias Sekarmulyo, Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu, Batu, Jawa Timur.

Desa Sidomulyo yang dikenal sebagai Desa Bunga ini terletak di lereng Gunung Arjuna dengan warganya mayoritas bermata pencaharian sebagai petani bunga dan dikembangkan oleh Kantor Cabang BRI Malang Soekarno Hatta.

“Ini merupakan wujud komitmen kami dalam mengangkat ekonomi kerakyatan melalui klaster usaha binaan,” kata Wakil Direktur Utama BRI (Persero) Catur Budi Harto melalui keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Kamis.

Catur mengatakan dengan pemberdayaan ini diharapkan akan ada peningkatan perekonomian masyarakat setempat di area klaster binaan melalui pemanfaatan potensi sumber daya lokal.

Baca juga: Menkop: Tanaman hias jadi opsi pemulihan ekonomi

Menurutnya, potensi ekonomi dari tanaman hias bisa berkembang karena pihak desa memberikan dukungan langsung kepada warganya yang mayoritas sebagai petani tanaman hias.

Klaster Usaha Binaan Tanaman Hias Sekarmulyo ini diketuai oleh Tono dan beranggotakan 80 pelaku usaha yang mempunyai tujuan sama dalam pemberdayaan petani bunga terutama bidang pembibitan, pembenihan, penanaman, pemeliharaan, dan pemasaran tanaman hias.

Sebagai gambaran, saat ini di Indonesia permintaan untuk komoditas tanaman hias semakin meningkat dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi sehingga menjanjikan keuntungan secara ekonomi.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2020, produksi tanaman hias Indonesia mencapai lebih dari 714 Juta tangkai dengan lima terbesar sentra tanaman hias berada di Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Utara, dan Sulawesi Utara.

Baca juga: Ekspor tanaman hias Indonesia naik 69,7 persen sepanjang pandemi 2021

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2022

👉 TRENDING  BRI beri remunerasi setara untuk karyawan perempuan dan laki-laki

Sumber artikel www.antaranews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *