Pengertian Sudut Siku-siku Adalah dan Cara Membuatnya

Suara.com – Mengetahui sudut siku-siku adalah salah satu hal yang wajib saat mempelajari matematika di bangku sekolah dasar.  Hal ini penting untuk diketahui, karena akan sering digunakan ketika Anda melanjutkan pendidikan di bangku SMP, SMA, kuliah bahkan di dunia kerja dengan pekerjaan tertentu. 

Bidang datar yang mewakili sudut siku-siku adalah bujur sangkar. berbeda dengan sudut lain yang digambarkan dalam Matematika dengan garis lengkung. Mengetahui bahwa satu sudut adalah sudut siku-siku dapat memungkinkan siswa Matematika menghitung sudut lain dalam suatu bentuk.

Dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai pengertian sudut siku-siku dan serba-serbinya. Yuk, simak artikel ini selengkapnya!

Sudut Siku-siku dalam Trigonometri

Baca Juga:
Pengertian Bilangan Prima dan Penjelasan Mengapa Angka Genap Bisa Masuk Kategori

Sudut siku-siku adalah fitur penting dalam sejumlah topik Matematika. Mengetahui berapa derajat sudut siku-siku dapat membantu Anda saat menemukan dan menghitung pertanyaan sudut yang hilang.

Misalnya, sudut-sudut dalam suatu segiempat selalu sama dengan 360° sedangkan sudut-sudut dalam segitiga selalu sama dengan 180°. Dengan pengetahuan ini, siswa KS1 Matematika Anda dapat memperkirakan dan menghitung sudut yang tersisa jika mereka tahu bahwa satu atau lebih sudut siku-siku.

Pengertian Sudut Siku-siku

Dalam geometri, ketika dua garis bertemu masing-masing pada titik yang sama, mereka membentuk sudut. Titik pertemuan dua garis disebut titik sudut. Sedangkan sudut siku-siku adalah ketika  dua garis lurus berpotongan satu sama lain pada 90 derajat atau saling tegak lurus di persimpangan, mereka membentuk sudut siku-siku.

Sudut siku-siku dilambangkan dengan L. Asal kalian tahu, sebuah persegi atau persegi panjang memiliki empat sudut dengan sudut siku-siku.

Baca Juga:
Mengenal Bilangan Prima dan Penjelasan Mengapa Angka Genap Bisa Masuk ke Dalamnya

Contoh sudut siku-siku ada di sekitar kita. Sudut siku-siku bisa kita lihat di sudut-sudut ruangan, buku, kubus, jendela dan di beberapa tempat lainnya.



Sumber artikel www.suara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *