Saham Jepang ditutup nyaris datar, Nikkei turun 7,77 poin

Tokyo (ANTARA) – Saham-saham Jepang menghapus kerugian awal menjadi berakhir cenderung datar pada Rabu, karena laporan laba perusahaan yang kuat mendukung pasar meskipun secara keseluruhan bersikap hati-hati menjelang pemilihan parlemen pada akhir pekan.

Indeks acuan Nikkei 225 di Bursa Efek Tokyo (TSE) tergelincir 7,77 poin atau 0.027 persen menjadi ditutup pada 29.098,24 poin, mempertahankan sebagian besar lonjakan hari sebelumnya sekitar 500 poin. Indeks sebelumnya merosot ke level 28.870,25 poin.

Namun Indeks Topix yang lebih luas turun 0,23 persen atau 4,59 poin menjadi berakhir di 2.013,81 poin, dengan 24 dari 33 subsektornya melemah.

“Investor saham memiliki kebutuhan untuk membeli sekarang sehingga mereka mengambil saham-saham ternama dengan hasil laba yang kuat, mendukung pasar yang lebih luas,” kata seorang pelaku pasar di sebuah perusahaan sekuritas domestik.

“Di sisi lain, ada kekhawatiran pasar secara keseluruhan bisa melihat beberapa aksi jual.”

Shinko Electric Industries memimpin kenaikan di Bursa Tokyo dengan lonjakan 14,9 persen, diikuti oleh produsen suku cadang elektronik Maruwa yang melonjak 12,4 persen, setelah keduanya terkesan dengan hasil perusahaan.

Shimano terangkat 8,2 persen, perusahaan bahan kimia khusus Nitto Denko melonjak 7,3 persen dan Hitachi Construction Machinery meningkat 7,1 persen, juga didukung oleh laporan laba yang kuat.

Di sisi lain, Canon anjlok 5,9 persen dan produsen motor presisi Nidec turun 2,9 persen setelah membukukan hasil yang mengecewakan.

Pada saat yang sama, investor tetap berhati-hati karena perdana menteri baru, Fumio Kishida, bersiap untuk memimpin Partai Demokrat Liberal ke dalam pemilihan majelis rendah pada Minggu (31/10/2021).

LDP diperkirakan akan mempertahankan mayoritas keseluruhan sementara kehilangan beberapa kursi, tetapi kekalahan mengejutkan dalam pemilihan akhir pekan lalu telah menyuntikkan tingkat ketidakpastian tambahan ke dalam persaingan.

👉 TRENDING  IHSG Kamis dibuka melemah 23,63 poin

“Jika LDP tidak dapat mengamankan mayoritas dengan sendirinya, itu akan melemahkan posisi Kishida dan menyebabkan ketidakstabilan politik,” kata Masayuki Kichikawa, kepala strategi makro di Sumitomo Mitsui Asset Management.

“Banyak yang akan bertanya-tanya apakah partai tersebut dapat bertahan dalam pemilihan majelis tinggi tahun depan,” kata Kichikawa, mengacu pada anggota LDP yang kemudian dapat memutuskan untuk menggulingkan Kishida.

Sementara itu, Bursa Efek Tokyo mengumumkan di situs webnya bahwa mereka ingin memperpanjang jam perdagangan setengah jam pada paruh kedua tahun 2024, ditutup pada pukul 15.30. (06.30 GMT) alih-alih pukul 15.00 saat ini.

Baca juga: Saham Jepang ditutup lebih tinggi, indeks Nikkei terangkat 1,77 persen

Baca juga: Saham Jepang ditutup lebih rendah tertekan laporan laba mengecewakan

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah

Sumber artikel www.antaranews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *