Menyusui dapat Bantu Meningkatkan Kesehatan Otak Ibu Jangka Panjang

STKNEWS, JakartaMenyusui memiliki beragam manfaat bagi ibu dan bayi. Namun ternyata menyusui juga bermanfaat untuk peningkatan kesehatan otak jangka panjang. Sebuah studi baru dari para peneliti di UCLA Health menemukan bahwa ibu di atas usia 50 tahun yang menyusui bayinya tampil lebih baik pada tes kognitif daripada wanita yang tidak pernah menyusui, menunjukkan bahwa menyusui dapat meningkatkan kesehatan otak.

“Temuan kami, yang menunjukkan kinerja kognitif superior di antara wanita di atas 50 tahun yang telah menyusui, menunjukkan bahwa menyusui mungkin ‘neuroprotektif’ di kemudian hari,” ujar Dr. Molly Fox, asisten profesor antropologi dan psikiatri dan ilmu biobehavioral di UCLA dan pemimpin penulis studi tersebut, mengatakan dalam siaran pers, seperti dilansir dari laman People.

Para peneliti menjalankan dua percobaan dengan 115 wanita dan memberi mereka tes kognitif untuk menganalisis pembelajaran mereka, ingatan yang tertunda, fungsi eksekutif dan pemrosesan. Wanita yang telah menyusui tampil lebih baik pada keempat kategori.

Para peneliti juga menemukan bahwa jumlah waktu yang dihabiskan untuk menyusui meningkatkan kesehatan otak mereka. Wanita yang menyusui untuk waktu yang lama, terutama mereka yang melanjutkannya setelah 12 bulan pertama kehidupan anak mereka, memiliki nilai tes kognitif tertinggi.

“Karena menyusui juga telah ditemukan untuk membantu mengatur stres, meningkatkan ikatan bayi dan menurunkan risiko depresi pascamelahirkan, yang menunjukkan manfaat neurokognitif akut bagi ibu, kami menduga bahwa hal itu juga dapat dikaitkan dengan kinerja kognitif superior jangka panjang untuk ibu. ibunya juga,” kata Fox.

Fox menambahkan bahwa penelitian di masa depan tentang hubungan antara menyusui dan kesehatan otak harus dilakukan dalam kelompok wanita yang lebih besar dan lebih beragam secara geografis. “Penting untuk lebih memahami implikasi kesehatan dari menyusui bagi wanita, mengingat wanita saat ini menyusui lebih jarang dan untuk periode waktu yang lebih pendek daripada yang dipraktikkan secara historis,” katanya.

Baca juga: 5 Tips Air Susu Ibu Melimpah ala Sherly Lembono, Lakukan Hal yang Disukai



Sumber artikel cantik.tempo.co

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *