French Open 2021: Kalahkan Wakil Taiwan, Ahsan / Hendra Lolos ke 8 Besar

STKNEWS, Jakarta – Pasangan ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan / Hendra Setiawan (Ahsan / Hendra) berhasil melaju ke babak delapan besar French Open 2021. Melawan wakil Cina Taipei Lu Ching You / Yang Po Han di Stade Pierre de Coubertin, Paris, Kamis, 28 Oktober 2021, The Daddies menang dalam tiga gim, 21-16, 14-21 dan 21-16.

Bertanding di turnamen super 750, Ahsan / Hendra memiliki keunggulan secara rekor pertemuan dan peringkat. Pasangan nomor dua dunia itu berhasil menang tiga kali dari tiga pertemuan atas Lu / Yang. Pada pertemuan terakhir di Indonesia Master 2020, Daddies berhasil menang 21-19 dan 22-20 dari ganda putra nomor 23 BWF tersebut.

Lu / Yang mengawali permainan dengan cepat di awal gim pertama. Hasilnya, mereka sempat unggul 8-3. Namun, Ahsan / Hendra berhasil memperoleh tiga poin beruntun dan memperkecil kedudukan menjadi 9-8. Perolehan poin terhenti setelah servis Hendra dinilai terlalu tinggi oleh servis judge. Skor 10-8.

Alih-alih mengambil keunggulan pada interval gim pertama, permainan defensif Hendra Setiawan berhasil membuat Lu / Yang membuat kesalahan sendiri sehingga kedudukan berimbang 10-10. Momen tersebut dijaga Daddies untuk meraih keunggulan 11-10 di interval gim pertama.

Selepas jeda, Lu / Yang terus berusaha menekan. Keunggulan postur badan membuat Lu mudah memberikan smash keras kepada Daddies dan membuat mereka unggul 14-12. Namun, dua kesalahan Lu / Yang membuat kedudukan menjadi imbang 14-14.

Hendra / Ahsan pun memanfaatkan momen tersebut untuk berbalik unggul dan meninggalkan perolehan pasangan Cina Taipei itu menjadi 18-15. Dalam waktu 18 menit, Ahsan / Hendra merebut gim pertama dengan 21-16.

Di gim kedua, kejar-mengejar poin terjadi hingga kedudukan 3-3. Setelahnya, Lu / Yang terus bermain cepat dan merepotkan Ahsan / Hendra. Daddies menjaga jarak poin agar tak melebar meskipun Lu / Yang berhasil unggul perolehan poin 11-8 pada interval gim kedua.

👉 TRENDING  Jadwal Final Hylo Open 2021: 3 Wakil Tampil, All Indonesian Final di Ganda Putra

Hendra / Ahsan gagal keluar dari tekanan selepas interval. Pasangan Cina Taipei tersebut terus-menerus menggempur pertahanan Daddies dengan serangan cepat dan smash tajam. Ahsan / Hendra pun hanya mampu menahan Lu / Yang hingga kedudukan 14-13. Setelahnya, Lu / Yang berhasil memperoleh enam poin beruntun dan menutup gim kedua dengan keunggulan 21-14.

Pada gim ketiga, Ahsan / Hendra bermain lebih terbuka. Meski sempat bertarung sengit hingga perolehan poin imbang 3-3, permainan sabar Daddies membuat keunggulan di interval gim ketiga berhasil didapatkan dengan selisih poin yang cukup besar, yaitu 11-4.

Selepas jeda, pasangan Lu / Yang berusaha keluar dari tekanan. Meski Daddies berhasil menambah perolehan poin, pengembalian bola tanggung Ahsan di depan net sempat dimanfaatkan Lu untuk memperkecil ketertinggilan menjadi 12-16. Namun, Ahsan membayarnya dengan tunai ketika berhasil mengirim shuttlecock ke sisi pertahanan yang terbuka. Lu Ching Yao sampai terjatuh mengejar bola saat itu.

Keduanya terus menampilkan permainan cepat. Meski Ahsan / Hendra sempat kehilangan dua poin beruntun, smash Yang Po Han yang menyangkut di net menutup gim ketiga untuk keunggulan Daddies, 21-16. Setelah pertandingan berlangsung selama 1 jam, Ahsan / Hendra pun menyusul langkah Fajar Alfian / Muhammad Rian Ardianto ke babak perempat final French Open.



Sumber artikel sport.tempo.co

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *